Sabtu, 15 Oktober 2011

ASALMULA  MASYARAKAT KEDUNGPOH

1.   SEJARAH MULO BOKO MASYARAKAT YANG ADA DI KEDUNGPOH

Awalnya tidak ada yang tahu tentang keberadaan masyarakat Kedungpoh namun dengan keberadaan peninggalan petilasan yang ada di Kedungpoh secara otomatis membuktikan bahwa sebelum terbentuknya desa Kedungpoh sudah ada komunitas masyarakat yang hidup pada waktu itu .Terbukti dengan adanya peninggalan ( petilasan pasarehan kwasen ).

Namun ada cerita lagi bahwa ketika terjadi huru-hara di Keraton Surakarta ada sekelompok masyarakat wilayah Tembayat ( Sekarang Bayat ) yang datang ke wilayah Kedungpoh yang di pimpin oleh Kyai Ahmad Dalem dan menetap di suatu wilayah yang sekarang namanya Pedukuhan Kedungpoh Kidul .

Pada waktu itu Kyai Ahmad Dalem berprofesi sebagai Empu ( pembuat pusaka).Bekas dari tempat tersebut berada di RT 02/01 Kedungpoh Kidul.Ahmad Dalem mempunyai putra yang bernama Jumput alias Ahmad Rifa’i.Sedangkan Ahmad Rifa’I mempunyai teman seperjuangan yang bernama Ahmad Kiramu , pelarian karena menentang pemerintahan Kolonial Hindia Belanda dari wilayah Gunungkidul bagian selatan.

Ahmad Kiramu inilah yang sering di sebut masyarakat sekarang sebagai penyebar Agama Islam di Kedungpoh pada Khususnya dan Wilayah Kecamatan Nglipar pada umumnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar