Selasa, 05 Oktober 2010

Mengapa Anak Sering Berbohong ?

Di saat sekarang ini banyak orang tua mulai mengeluhkan anaknya yang masih kecil tapi sudah mulai berbohong, tentunya ini adalah masalah besar yang di hadapi oleh orang tua jika mendapatkan  anaknya berbohong. Kita sebagai orang tua tidak menginginkan anak kita berbohong setiap kali kita bertanya . Menurut Paul Ekman dalam bukunya " Why Children Lie " dia mengatakan bahwa ada beberapa alasan untuk berbohong :


  1.  Untuk meghindari Hukuman 
  2.  Utuk sesuatu yang di inginkan 
  3.  Untuk mendapatkan Pujian
  4. Untuk menjaga privasi

Apa yang harus dilakukan oleh orang tua untuk mengajarkan pentingnya kejujuran kepada anaknya ? . Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan oleh orang tua .

Diantaranya adalah :

  • Ligkungan keluarga 
  • Lingkungan sosial
Untuk mengoreksi kebohongan pada anak dapat dilakukan oleh lingkungan Sosial Si Anak misalnya pada temannya ia mengaku mendapat " mainan bagus mana buktinya ?"

Jika kebohongan anak sudah berlebihan , melakukan, membahayakan / merugikan orang lain , jangan lah  memberikan hukuman yang berlebihan , lebih baik berikan hukuman yang bersfat mengurangi kesenangan . Dengan di berikanya hukuman pada anak , anak  tidak melakukan kesalahan . Anak akan tahu akan konsekuensinya  yang akan  Ia dapatkan .

Kita dititipkan oleh Tuhan seorang anak bukan untuk di sia-siakan tetapi untuk kita didik menjadi anak yang  berbudi luhur , jujur , dan taat ber Agama .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar